VISI : Fakultas Biologi UGM menjadi Fakultas yang unggul, sebagai pusat pendidikan, pengembangan penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang biologi khususnya biologi tropika yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila
Anda di sini:

Fakultas Biologi UGM

Organisasi Mahasiswa



Menyambut Datangnya Matalabiogama Muda

E-mail Cetak PDF

“Saat ini kegiatan alam bebas sedang populer. Banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan kegiatan alam bebas tetapi hanya sedikit orang yang mau belajar ilmunya dari Mapala,” sedikit kutipan dari pembicaraan di base camp pendakian Merbabu jalur Cunthel dengan beberapa pendaki yang notabene adalah mahasiswa pencinta alam (mapala).  Di tengah hiruk pikuk pendaki baik yang baru akan naik ke puncak maupun yang baru saja tiba setelah perjalanan melelahkan dari puncak impian, kami masih asyik dengan obrolan kami tentang mapala “kemarin” dan mapala “hari ini”.

Minggu ini (13-18 Januari 2014) kami Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Biologi UGM (Matalabiogama) melaksanakan lapangan pendidikan dan latihan dasar (Diksar) XVII Matalabiogama. Sebelum rangkaian lapangan, peserta wajib mengikuti materi ruang dan simulasi lapangan sebagai bekal untuk berkegiatan dilapangan. Kegiatan kepecinta alaman merupakan kegiatan beresiko tinggi atau high risk activities sehingga sangat diperlukan persiapan baik fisik, mental dan materi. Diklatsar Matalabiogama mengedepankan safety procedure yang wajib dijalankan ketika di alam yaitu care alat, care teman dan care diri-sendiri, konsep ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan tidak terpisah.

Kegiatan lapangan Diklatsar dilaksanakan dalam satu  rangkaian acara, dalam waktu 5 hari di tempat terpisah di Gunung Kidul dan Gunung Merbabu. Berangkat dari kampus biologi tercinta pada tanggal 13 Januari 2014 pukul 16.00 dan sampai di Gunung Kidul pukul 19.00 dan langsung disambung dengan penelusuran goa horizontal di Goa Paesan. Tipical gua yang kering dengan ornamen-ornamen indah baik stalagtit, stalagmit, sodastraw dan sebagainya menghiasi perjalanan kami. Hari berikutnya kami sambung dengan rangkaian rock climbing yang dilakukan di tebing Bedoyo. Selesai Rock climbing langsung disambung dengan kegiatan caving vertikal.

Selesai melakukan kegiatan di daerah Gunung Kidul, kami langsung berpindah menuju ke Gunung Merbabu jalur Tekelan. Cuaca pada hari itu mendung berangin. Kegiatan rimba gunung dimulai dengan rangkaian SAR (Search and Rescue) dan mountaineering yang diisi dengan pengenalan orientasi medan. Cuaca masih mendung dan berangin ditambah rintik hujan yang membuat pengenalan bentang alam jadi lebih sulit. Pada tanggal 18 Januari 2014 pukul 04.00 WIB dilantik 9 orang anggota muda Matalabiogama. Yang  diharapkan menjadi avonturir muda yang mengembangkan ilmu biologi.

 

Pers Release Senat Mahasiswa Fakultas Biologi UGM

E-mail Cetak PDF

Peranan Lembaga Kemahasiswan dalam perwujudan insan-insan universitas pada saat ini tidak dapat dipungkiri. Keberadaan Lembaga Kemahasiswaan pada saat ini tidak lagi dipandang sebagai pelengkap di dalam pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi, maupun Visi dan Misi Universitas, melainkan Lembaga Kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa. Salah satu Lembaga Kemahasiswaan adalah Senat Mahasiswa yang didirikan sebagai badan politik, lembaga legislatif mahasiswa yang mempunyai 3 peran strategis yang dapat dimainkan yaitu, peran aspirasi, pengawasan dan legislasi.

Agar dapat melakukan ketiga peran tersebut dengan baik tidaklah mudah, aktivis mahasiswa haruslah mempunyai sistem yang kuat serta mesin organisasi yang solid. Selain itu aktivis lembaga legislatif mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan untuk memahami dan menganalisis setiap peran yang ia mainkan serta yang tidak kalah penting adalah konsistensi dari sebuah agenda yang kemudian di terjemahkan dalam aksi – aksi di lapangan.

Melihat peran Senat yang begitu signifikan dan cukup penting sebagai badan legislatif di dalam kelembagaan dan khususnya di lingkungan Fakultas Biologi UGM. Maka diperlukan adanya pengetahuan yang lebih mengenai fungsi senat sebagai badan legislatif. Untuk itu Sekolah legislatif diharapkan bisa memberikan pemahaman dan arahan kepada anggota Senat Mahasiswa tentang fungsi dan tugas senat itu sendiri sebagai lembaga legislatif. Hal ini bertujuan agar mahasiswa Fakultas Biologi UGM dapat lebih kritis, kreatif dan inovatif terhadap tugas dan wewenang senat itu sendiri sehingga dapat bermanfaat di lingkungan kampus Fakultas Biologi UGM.

Sekolah Legislatif Senat Mahasiswa Fakultas Biologi UGM yang diadakan pada tahun 2014 bertema ”Metamorfosis Legislasi Mahasiswa, Menuju Generasi yang Kritis, Cerdas, dan Inovatif”, terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu Diklat Ruang dan Diklat Lapangan. Diklat Lapangan dilaksanakan di Ruang III Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada selama dua hari, yaitu tanggal 13 – 14 Januari 2014. Sedangkan Diklat Lapangan dilaksanakan di RT 06 Desa Pangkah, Dukuh Kabregan, Piyungan, Bantul selama dua hari, yaitu tanggal 16 – 17 Januari 2014. Narasumer yang memberikan materi adalah mahasiswa yang sudah lama berkecimpung di dunia kelegislatifan, dan beberapa diantara mereka merupakan mahasiswa berprestasi.

Pada saat Diklat Ruang, peserta Sekolah Legislatif diberikan materi mengenai Senat Fakultas Biologi dan juga pemahaman mengenai Legal Drafting. Sedangkan Diklat Lapangan lebih ditekankan dalam pengaplikasian teori yang telah didapatkan selama Diklat Ruang, selain itu juga dilakukan pendekatan kepada masyarakat melalui analisis permasalahan di dalam kehidupan masyarakat. Selain menerima pematerian dari narasumber, peserta juga melaksanakan outbond sebagai sarana untuk memperkuat team work dan saling mengakrabkan antar sesama peserta Sekolah Legislatif.

 

SALAM LEGISLATIVA!

 

RAKER KSE 2014, Fakultas Biologi UGM Adakan Komunikasi, Lancarkan Program yang Menginspirasi

E-mail Cetak PDF

Lagi-lagi, jargon “KSE? Bergerak Tanpa Batas!” terdengar lantang di puncak Kaliurang kilometer 23,5.

Rapat kerja (RAKER) Kelompok Studi Entomologi, Fakultas Biologi, UGM tahun 2014 telah diselenggarakan pada tanggal 21-22 Februari 2014 di “Losmen Podjok” Kaliurang RT 05 RW 13, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sebelum pemberangkatan, RAKER KSE 2014 dibuka dengan sambutan Dewan Penasehat KSE, Bapak R.C. Hidayat Soesilohadi.

Selanjutnya...
 

MUSYANG KELOMPOK STUDI ARSITEKTUR TAMAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2014 : MENATA KEMBALI PROPORSIONALITAS KSAT SEBAGAI KELOMPOK STUDI YANG UNGGUL DALAM BIDANG PERTAMANAN

E-mail Cetak PDF

Dalam rangka mengevaluasi kinerja kepengurusan, menyusun kembali AD/ART dan pemilihan ketua KSAT periode 2014-2015, Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam Kelompok Studi Arsitektur Taman mengadakan kegiatan yang di beri nama MUSYANG KSAT. MUSYANG KSAT merupakan forum musyawarah tertinggi dalam KSAT. Kegiatan ini bersifat tertutup bagi seluruh anggota KSAT. Kegiatan yang diadakan selama 2 hari, dimulai tanggal 13 sampai dengan 14 Januari 2014 bertempat di Rumah Joglo Abang, Jombor, Yogyakarta. Dihadiri oleh sebagian anggota KSAT mulai dari angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013 yang berjumlah sekitar 45 orang . Dengan mengusung tema “ Melangkah Bersama Menuju KSAT yang Gemilang ”, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam kepengurusan KSAT periode 2014-2015.

Selanjutnya...
 

Regenerasi Pengurus KMP Fakultas Biologi UGM: New Spirit for a New Action!

E-mail Cetak PDF

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Fakultas Biologi UGM menggelar upacara pelantikan pengurus baru periode 2014 dan rapat kerja (RAKER) pada hari Sabtu (21/12). Upacara yang digelar di ruang sidang atas (RSA) Fakultas Biologi UGM ini dihadiri oleh seluruh pengurus baru terpilih, pengurus demisioner, tamu undangan, serta dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni Fakultas Biologi UGM, Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc. Dr. Endang dalam sambutannya memberikan apresisi kepada KMP Fakultas Biologi UGM dan seluruh pengurus baru, “Selamat dan Semoga KMP makin solid dan kiprahnya semakin baik di masa mendatang. Aamiin  “, tutur Dr. Endang. Usai memberikan sambutan, Dr. Endang secara resmi melantik ketua (Tri Suwandi) dan wakil ketua (Syarif Hidayat) terpilih dalam Musyawarah Besar (MUBES) KMP Fakultas Biologi UGM yang dilaksanakan hari Sabtu (17/11) di Ruang Sidang Bawah Fakultas Biologi UGM.

Selanjutnya...
 
JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL