VISI : Fakultas Biologi UGM menjadi Fakultas yang unggul, sebagai pusat pendidikan, pengembangan penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang biologi khususnya biologi tropika yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila
Anda di sini:

Fakultas Biologi UGM

Drs. Hari Purwanto, M.P.

E-mail Cetak PDF

Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya


M.P : Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1997),

bidang Ilmu Hama Tumbuhan.


Minat Penelitian :

Entomologi/Patologi Serangga.


Penelitian yang dilakukan adalah mengenai patologi serangga, dengan berbagai organisme pathogen yang diteliti antara lain nematoda, baculovirus, jamur Beauveria serta bakteri Bacillus sphaericus. Kebanyakan penelitian berfokus pada upaya pencarian dan skrining organisme patogen endogenik Indonesia.

Selain upaya pencarian organisme patogen yang dapat digunakan sebagai agensia hayati, Drs. Hari Purwanto, MP juga melakukan beberapa penelitian mengenai pemanfaatan serangga berguna. Pada saat ini riset difokuskan pada budidaya ulat sutera liar berbasis Attacus atlas dan Cricula trifenestrata.


Afiliasi dengan Organisasi Profesi

Anggota dalam Perhimpunan Biologi Indonesia dan Perhimpunan Entomologi Indonesia.


Penelitian

2007 Skrining dan karakterisasi isolat Bacillus sphaericus endogen Indonesia yang bersifat patogen terhadap nyamuk Culex quinquefasciatus, Aedes aegypti dan Anopheles aconitus. Dibiayai oleh Program Insentif Riset KMNRT.


2006 Perbanyakan Steinernema spp. (Nematoda: Steinernematidae) Isolat Yogyakarta pada Pupa Attacus atlas dan Larva Galleria mellonella serta Larva Tenebrio molitor. Dibiayai oleh Dana Masyarakat Fakultas Biologi UGM.


2005 Pemanfaatan Pupa Atakas Attacus atlas L. untuk Perbanyakan Nematoda Parasitik terhadap Serangga secara In Vivo. Dibiayai oleh Dana Masyarakat Fakultas Biologi UGM.


2004-2005 Desain Sistem Kontrol Ruang Pemeliharaan untuk Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Ulat Sutera. Dibiayai oleh Hibah Bersaing XII.


2004-2005 Efikasi Spodoptera litura Multiple Nucleopolyhedrovirus (SpltMNPV) Endogen Indonesia terhadap Ulat Grayak Spodoptera litura (Lepidoptera: Noctuidae) pada Tanaman Tembakau. Dibiayai oleh Hibah Bersaing XII.


2003 Uji Efikasi Beauveria bassiana (Balsamo) Vuillemin Isolat BrUt I sebagai Agensia Pengendali Hayati Lalat Rumah Musca domestica. Dibiayai oleh dana masyarakat BPPF Fak. Biologi UGM.


2002 Daya Dukung Mahoni (Swietenia mahogany), Keben (Barringtonia asiatica Kurtz.), Gempol (Nauclea orientalis Linn.), dan Sirsak (Annona muricata Linn.) sebagai Tanaman Pakan Ulat Atakas Attacus atlas L. Dibiayai oleh Project QUE Fakultas Biologi UGM.


2001-2002 Pengendalian hama dan penyakit benih kedelai dalam kemasan dengan radiasi sinar gamma Co-60. Dibiayai oleh Proyek PAATP Departemen Pertanian.


2000-2001 Daya Bunuh Spodoptera litura-nucleopolyhedrovirus Sebagai Agensia Hayati untuk Pengendalian Spodoptera litura (Fab.), Ulat Grayak pada Tanaman Cabai. Dibiayai oleh Proyek PAATP Departemen Pertanian RI .


Publikasi

Purwanto, H. and Sukirno. 2006. Effects of Food Availability of Keben (Barringtonia asiatica Kurtz.) to the Development of the Late Instars of Attacus atlas (L.) (Lepidoptera: Saturniidae) Reared Outdoor without Screen. 1st Penang International Postgraduate Convention 24-27 May 2006, Penang Malaysia.


Sutiarso, L., A. Suyantohadi, H. Purwanto. 2005. Desain Sistem Kontrol Ruang Pertumbuhan Ulat Sutera untuk Meningkatkan Kualitas Produksi Sutera Alam. Agritech 24(4): 186-195


Situmorang, J., H. Purwanto, T.K. Moekasan, W. Adiyoga. 2002. Efikasi Beberapa Isolat Spodoptera litura Multiple Nucleopolyhedrovirus sebagai Agensia Hayati untuk Pengendalian Ulat Grayak, Spodoptera litura (Fab.) Hama pada Tanaman Cabai di lapangan. Biologi 2(14): 807-822.


Situmorang, J., H. Purwanto, T.K. Moekasan, W. Adiyoga. 2002. Daya Bunuh Beberapa Isolat Spodoptera litura Multiple Nucleopolyhedrovirus sebagai Agensia Hayati untuk Pengendalian Ulat Grayak, Spodoptera litura (Fab.) Hama pada Tanaman Cabai. Biologi 2(13): 793-806.